9 Tips Mendapatkan Kesetiaan Pelanggan dalam Berbisnis

9 Tips Mendapatkan Kesetiaan Pelanggan dalam Berbisnis – Internet kini bukan hanya menjadi tempat mencari informasi, browsing atau chating, sekarang juga menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh para konsumen/pelanggan, sebagai tempat berjualan dan berbisnis.

Apakah jualan online hasilnya memuaskan? Anda harus mengerti apa yang diinginkan oleh para konsumen. Ada 3 hal yaitu, kualitas produk, harga produk dan tentunya pelayanan yang cepat. Bisnis online juga tidak memakan banyak biaya, Anda hanya perlu mempelajari bagaimana cara berjualan secara online.

Jadi, bagi Anda yang akan belajar jualan secara online, berikut tips nya.

  1. Gunakanlah dahulu fasilitas gratis dari blog, jejaring sosial atau tempat berjualan yang banyak dicari konsumen untuk menampung produk Anda.
  2. Foto produk semenarik mungkin, namun tidak menipu keaslian produk. karena produk yang Anda tawarkan sangat-sangat tergantung dengan hasil foto yang baik.
  3. Cantumkanlah informasi tentang produk sedetail dan selengkap mungkin, sehingga tidak ada lagi yang bisa ditanyakan.
  4. Tata produk Anda dengan baik, gunakan kategori dan label untuk memudahkan konsumen mencari produk yang dibutuhkan.
  5. “Ada foto , ada barang” gunakanlah pedoman itu. Update terus stok barang dalam sistem dan bentuk fisik, jangan sampai pelanggan kecewa karena stock produk kosong setelah dipesan. Bisa-bisa pelanggan tidak akan kembali ke lapak Anda.
  6. Bangun network dan promo. Beri tahu teman-teman Anda kalau Anda berjualan online, kenalkan produk Anda lewat email, chatting, Facebook, Twitter dan media jejaring sosial yang lain.
  7. Pelanggan adalah pembeli yang pernah membeli kembali produk Anda setidaknya sekali. Catat semua penjualan yang terjadi pada setiap pelanggan untuk tahu barang yang diinginkan. Lalu tawarkan kembali produk yang pelanggan suka.
  8. Jalin hubungan baik dengan pelanggan. Balas pesan yang masuk secepat mungkin, dimana bisnis online membutuhkan kecepatan dalam berkomunikasi, karena paling lama 5 menit pelanggan akan kabur atau beralih ke penjual yang lain. Karena menunggu respon terlalu lama.
  9. Berikan penghargaan kepada pelanggan dengan memberikan bonus berupa stiker atau potongan harga.

Semoga tips di atas mampu membantu dalam memulai dan menjalankan bisnis online Anda, karena bisnis online kini semakin menjanjikan dengan untung yang besar dan bermacam kemudahan, namun low budget.

Sekian artikel Multivisionplus tentang 9 Tips Mendapatkan Kesetiaan Pelanggan dalam Berbisnis Semoga bermanfaat.