Apple Watch Bukan iWatch

Apple Watch Bukan iWatch
Apple Watch Bukan iWatch

Apple Watch Bukan iWatch – Semua orang banyak berspekulasi sebelumnya bagaimana bentuk jam tangan pintar atau smartwatch milik Apple. Bahkan banyak yang meramalkan nama smartwatch tersebut bernama iWatch, nama khas produk-produk buatan Apple yang selama ini digunakan di setiap produknya. Namun saat rilis di Apple Event beberapa hari yang lalu, Apple mengejutkan semua orang dengan menamai smartwatch-nya dengan Apple Watch. Mengapa Apple menghilangkan prefix ‘i’ di produk terbarunya?

Selain Apple Watch, produk lain yang diluncurkan adalah Apple Pay. Padahal sebelumnya, diramalkan produk dompet digital tersebut dinamakan iWallet. Ada beberapa teori yang menyebabkan Apple mengubah naming convention pada produknya.

Apple Watch Bukan iWatch? Berikut alasannya:

  1. Jenuh

Apple menggunakan prefix ‘i’ selama 20 tahun sejak peluncuran produk pertamanya yaitu iMac. Ada iLife, iMovie, iWeb, iTunes, iPad, iPod, iPhone, iOS, dan lainnya. Dalam perjalanannya, nama produk diawali ‘i’ menjadi populer dan diikuti banyak produk seperti iBaby dan iHome. Ini menjadi alasan bahwa Apple perlu penyegaran pada namanya terutama untuk lepas dari era Steve Jobs.

  1. Legalitas

Apple kesulitan dengan hukum untuk meraih nama dengan prefix ‘i’ di setiap produknya, apalagi jika sudah dimiliki pihak lain. Misalnya di tahun 2006, Apple menggunakan iTV, namun sebuah stasiun televisi di Inggris bernama ITV juga mengklaim nama tersebut dan berhasil memenangkannya, sehingga di tahun berikutnya iTV berganti menjadi Apple TV. Mungkin juga sebelumnya Apple Pay ingin dinamakan iWallet, tapi sudah ada perusahaan yang menggunakan merek tersebut. Sehingga melepaskan ‘i’ akan menghindarkan Apple untuk terus berjibaku dengan urusan merek.

  1. Target Pasar

Apple selalu dinanti nanti penggemar fanatiknya yang diidentikkan dengan penyuka teknologi dan inovasi terbaru. Sepertinya Apple sedang ingin menyasar market lebih luas, sehingga Apple Watch tidak ingin diidentikkan dengan inovasi teknologi tapi ingin dikenal sebagai produk fashion dan gaya hidup dengan fitur canggih didalamnya.

Kita telah belajar dari Apple bahwa membuat sebuah merek tidak hanya sekedar memunculkan nama saja, tapi juga berhubungan dengan faktor-faktor lain yang ikut mendukung perjalanan sebuah bisnis. Bagaimana dengan merek Anda, apakah ada makna tertentu didalamnya? Share dan tulis komentar Anda di bawah ini.