Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Repeat Order

Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Repeat Order
Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Repeat Order

Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Repeat Order – Repeat order secara simplenya merupakan transaksi pembelian yang dilakukan oleh konsumen pada sebuah produk tertentu yang mana pembeliannya dilakukan pada satu toko yang sama. Perilaku konsumen dengan melakukan repeat order ini kebanyakan diinginkan oleh penjual. Mengapa? Karena sebagai penjual tentu tidak harus mengenalkan ataupun menjelaskan kembali apa manfaat serta keunggulan dari produk yang dijualnya tersebut. Jadi untuk biaya promosinyapun bisa jauh lebih murah dan hemat. Karena beberapa produk yang dijual pada toko tersebut sudah cukup dikenal oleh pembeli sebelumnya. Meskipun sebenarnya sebagai penjual harus tetap melakukan promosi untuk menambah banyak konsumen baru yang lebih banyak lagi.

Strategi untuk menciptakan repeat order ini bisa disebut juga sebagai strategi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Bedanya mungkin kalau loyalitas, konsumen belum tentu akan membeli tapi konsumen sudah pasti menyukai produk Anda. Dan dimanapun produk Anda akan selalu diunggulkan, dibela dan dikenalkan oleh rekan-rekan sesama konsumen lainnya. Jadi, hampir bisa dipastikan setelah konsumen tersebut dinyatakan loyal, salah satu hasilnya adalah konsumen akan melakukan yang namanya repeat order atau pembelian ulang terhadap produk yang sama atau produk lainnya namun dilakukan pada satu penjual yang sama. Repeat order Ini bisa dikatakan, bagian hasil dari keloyalitasan konsumen tersebut.

Ada beberapa alasan mengapa konsumen mau melakukan pembelian pada satu penjual yang sama. Diantaranya mungkin karena harga bisa jadi lebih murah dibandingkan dengan toko atau penjual lainnya, atau mungkin karena konsumen dengan penjual sudah mempunyai hubungan kedekatan tersendiri sebelumnya, misalnya ada hubungan pertemanan ataupun saudara. Namun diluar itu juga Anda sebagai penjual yang sebelumnya belum mengenal konsumen begitu juga sebaliknya bisa melakukan hal yang serupa dimana konsumen mau melakukan pembelian di tempat Anda kembali.

Berikut Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Repeat Order

  1. Beri pelayanan konsumen terbaik untuk pertama kalinya

Langkah awal agar nantinya konsumen bisa terus kembali pada Anda dan melakukan pembelian lagi. Yang harus Anda lakukan adalah membuat konsumen tersebut seolah-olah merupakan konsumen lama Anda. Buat mereka menjadi nyaman untuk pertama kalinya membeli produk Anda tersebut. Karena kesan dari konsumen yang pertama kalinya datang pada Anda adalah yang menentukan konsumen tersebut akan kembali lagi untuk membeli atau tidak akan kembali sama sekali. Ketika mereka nyaman untuk belanja di tempat Anda maka suatu hari pasti mereka akan kembali lagi. Dan begitu pula sebaliknya, jika diawal saja kesannya sudah tidak baik, maka jangan harap selanjutnya bisa menjadi pelanggan yang loyal bagi Anda.

  1. Berikan penawaran menarik

Oke mungkin Anda bukanlah tipe seseorang yang bisa membuat orang baru bisa merasa langsung dekat dengan Anda. Ada cara lain yang bisa Anda lakukan, untuk membuat konsumen menjadi terkesan dan ingin kembali pada Anda nantinya. Salah satu trik dengan memberikan sebuah penawaran misalnya, Anda akan memberikan potongan harga sampai dengan 90% atau bahkan gratis, bagi pembeli yang baru pertama kali belanja di tempat Anda. Mungkin ini akan terlihat sangat tidak menguntungkan bagi Anda sebagai penjual. Akan tetapi jika Anda nantinya bisa terus membuat konsumen yang datang pertama kalinya bisa terus kembali untuk membeli barang di tempat Anda, kenapa tidak? Tentu sebelumnya pemberian penawaran ini sudah Anda perhitungkan, agar nantinya tidak membuat perusahaan Anda merugi.

Selain bisa membuat konsumen kembali pada Anda nantinya. Anda juga bisa mendapatkan promosi viral gratis yang dilakukan oleh pembeli pertama Anda tersebut. Karena mereka sebagai konsumen baru, bisa mendapatkan pengalaman belanja yang tak terlupakan, maka secara otomatis mereka akan bercerita kepada teman-temannya. Dan hasilnya kemungkinan besar teman-temannya juga akan ikut datang untuk membeli produk Anda dengan tawaran yang sama seperti konsumen Anda sebelumnya.

  1. Buat media untuk berkomunikasi

Konsumen akan merasa aman dan yakin bahwa produk yang dibeli adalah produk pilihan ketika Anda sebagai penjual memberikan pelayanan lebih. Misalnya, dengan membuat sebuah group diskusi untuk konsumen. Ataupun memberikan kemudahan akses bagi konsumen agar lebih mudah untuk menghubungi Anda.

Saat ini juga sudah banyak sekali media-media komunikasi yang bisa digunakan, misalnya membuat group chat, group di media sosial, atau bisa juga membuat milis dan forum.

  1. Mempertahankan konsumen

Ada yang mengatakan untuk mendapatkan konsumen baru itu lebih mudah daripada mempertahankannya. Pendapat itu belum tentu 100% benar jika Anda tahu apa yang harus dilakukan. Sebagai contoh mungkin ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mempertahankan konsumen yang sudah Anda miliki sebelumnya. Dengan cara-cara selalu memberikan penawaran promo-promo terbaik bagi konsumen lama Anda. Memang cara seperti ini bisa dikatakan adalah cara lama, namun sampai sejauh ini cara tersebut masih cukup ampuh untuk meningkatkan penjualan. Selain daripada itu mungkin Anda juga bisa melakukan pendekatan yang lebih intensif bagi konsumen Anda dengan memberikan sebuah gift card pada momen-momen tertentu. Hal ini bertujuan untuk membangun kedekatan antara Anda sebagai penjual dengan konsumen. Karena dengan melakukan hal-hal yang bisa dibilang sederhana dan kecil seperti ini, konsumen akan merasa diperhatikan secara lebih.

Sekian artikel Multivisionplus tentang Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Repeat Order Semoga bermanfaat.