Tips Eksis di Sosial Media untuk UKM

Tips Eksis di Sosial Media untuk UKM – Konten yang menarik bisa menjadi kunci sukses Usaha kecil dan Menengah (UKM) dalam mengenalkan usaha dan produknya. Seperti yang telah kita ketahui, sosial media adalah tempat para penggunanya berbagi apa saja, perasaan, informasi, curhat, dan lain-lain. Di sosial media, seseorang juga kadang merekomendasikan sesuatu kepada teman atau followernya. Oleh karena itu, penting bagi UKM untuk mengerti keinginan konsumen dan merekomendasikan konten berharga.

Jadi, apa yang seharusnya di-posting UKM di sosial media?

Konten Visual

Konten visual yang penulis maksud adalah foto, video, gambar dan grafis, serta infografis yang bisa membuat penampilan mencolok di antara ribuan posting. Postinglah konten-konten visual yang relevan dengan bisnis yang digeluti. Misalnya UKM usahanya adalah jual jersey sepakbola, maka UKM akan meng-posting di sosial media segala hal tentang sepakbola. Contoh, video gol-gol spektakuler kelas dunia, foto bintang sepakbola, dan segala hal menarik lain yang ada kaitannya dengan sepakbola.

Informasi yang relevan dan informatif

Konsumen masa kini tidak tertarik dengan ‘jualan’ apalagi dilakukan di sosial media, yang notebene adalah tempat bersosialisasi. Konsumen di sosial media itu mencari informasi, berita, dan hal-hal menarik lain. Maka dari itu, posting-lah konten yang mengandung informasi yang diinginkan dan dibutuhkan oleh konsumen.

Terlalu sering memberikan promosi di sosial media bisa membuat audiens jengah dan bisa saja meng-unfollow akun UKM. Boleh promosi produk UKM, tetapi hanya beberapa persen dari status update yang UKM buat. Misalnya, sehari UKM update status di sosial media 10 kali, hanya 2 status update yang berisi promosi. Sebenarnya, kalau UKM cerdik, informasi menarik yang bukan promosi produk yang dibagikan UKM di sosial media bisa disisipi promosi. Contoh, UKM membagi foto menarik di sosial media. Di foto tersebut bisa diberi link alamat situs UKM. Walau audiens sebenarnya hanya ingin melihat foto menarik yang dibagikan UKM, mau tidak mau audiens juga melihat link situs UKM yang dicantumkan di foto.

Kontes dan Promosi

Untuk meningkatkan keterlibatan dengan audiens, sesekali lakukanlah promosi dan kontes. Orang-orang suka meluangkan waktu sekadar ‘untung-untungan’ untuk mendapatkan hadiah.

Soal hadiah tak perlu mewah-mewah seperti iPad. UKM bisa menawarkan hadiah berupa produk atau jasa usahanya. Tapi, jangan terlalu sering mengadakan kontes karena hanya akan menarik penggemar yang hanya mencari hadiah saja dan tentu bisa merugikan UKM.

Usahakan kontes yang dilakukan tidak terlalu sulit agar dapat menarik banyak audiens untuk ikut serta. Usahakan pula materi kontes ada hubungannya dengan produk UKM, sehingga UKM selain mengadakan kontes juga sekalian berpromosi. Istilahnya, menyelam sambil minum susu.

Konten lucu dan lelucon

Konten yang berupa gambar atau video yang bisa membuat audiens tersenyum atau tertawa layak untuk dibagikan di sosial media karena momen tertawa menular dan hal yang lucu mudah diingat. Suntikkan sedikit humor ke jejaring sosial bisa menjadi cara untuk memamerkan kepribadian perusahaan dan membuat follower lebih mudah terlibat dan menikmatinya. Tetapi usahakan lelucon yang tidak mengandung SARA, pelecehan, merendahkan orang lain, sarkasme, pornografi, dan lelucon lain yang bisa menimbulkan kebencian.

Interaksi personal

Penting bagi merek di sosial media untuk terhubung dengan penggemarnya dan itulah tujuan sosial media. Pastikan bahwa beberapa konten berisi ucapan terika kasih kepada audiens yang telah memberikan komentar, pertanyaan relevan, atau me-mention UKM.

Posting-lah konten-konten seperti di atas dan lakukan kampanye di sosial media secara konsisten.

Sekian artikel Multivisionplus tentang Tips Eksis di Sosial Media untuk UKM Semoga bermanfaat.