Tips Mengatasi Bau Badan yang Tak Sedap

Tips Mengatasi Bau Badan yang Tak Sedap – Kulit sehat dan mulus bukan impian semata. Capai ini dengan melakukan sejumlah pengobatan sederhana ini di rumah.

Bau badan atau bau ketiak yang sangat menyengat bisa terjadi pada siapa saja yang sudah mulai gelisah. Bau badan remaja tidak hanya berdampak negatif terhadap harga diri atau low self-esteem di sekolah atau di kampus. Bahkan, tidak jarang hal ini berujung pada risiko di-bully di lingkungan sosial yang menyebabkan Anda menghindari atau mengasingkan lingkaran pertemanan Anda.

Tidak salah lagi, menghilangkan bau tak sedap dari badan dan ketiak adalah satu-satunya cara untuk mengembalikan kepercayaan diri Anda. Bagaimana? Yuk simak penjelasan lengkap kami tentang penyebab dan tips mengatasi bau badan remaja selanjutnya!

Bau badan saat pubertas? Jangan khawatir, itu normal!

Tanda pubertas dapat dikenali dari beberapa perubahan. Salah satunya adalah perubahan bau badan normal akibat lonjakan hormon dan aktivitas kelenjar keringat. Bau badan menjadi hal yang wajar saat memasuki masa pubertas.

Keringat yang dikeluarkan di masa remaja ini juga lebih banyak. Ini ditenagai oleh kelenjar apokrin yang mengeluarkan sekresi dan ditemukan di ketiak, puting susu, alat kelamin, dan area telinga.

Bau keringat yang dikeluarkan oleh kelenjar apokrin umumnya tidak sedap. Apalagi bau ini disebabkan oleh pertemuan keringat dan bakteri.
Seringkali walaupun sudah rajin membersihkan tubuh dan memakai wewangian, bau badan tak mau hilang. Apalagi saat berkeringat, bau badan akan semakin terasa. Padahal bau badan ini sangat mengganggu kita terlebih ketika berada di tengah-tengah orang banyak. Banyak hal dilakukan orang untuk mengatasi bau badan yang tak sedap mulai dari memakai deodorant sampai pakai obat-obatan.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik mengatasi bau badan yang tak sedap:

  1. Mandi secara rutin dua kali sehari. Perhatikan secara khusus daerah ketiak dan selangkangan saat bersabun.
  2. Penggunaan sabun antibacterial untuk daerah ketiak dan selangkangan dapat membantu mengurangi bau badan.
  3. Gunakan antiperspirant yang dapat mengurangi produksi keringat misalnya yang mengandung aluminium chloride. Deodoran dapat digunakan untuk menutupi bau.
  4. Gunakan bahan pakaian yang menyerap keringat misalnya katun.
  5. Pakailah selalu pakaian yang bersih. Jika mudah berkeringat, tidak ada salahnya mengganti pakaian yang basah untuk mengurangi bau badan.
  6. Hindari mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas dan yang berarora tajam seperti bawang, daging kambing, jengkol, atau durian.
  7. Konsumsi lebih banyak sayuran dan air putih.
  8. Lakukan pencukuran rambut ketiak secara teratur .

Sekian Tips Artikel Tips Mengatasi Bau Badan yang Tak Sedap dari Multivisionplus Semoga bermanfaat ­čÖé