Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage

Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage
Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage

Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage – Facebook reach merupakan sebuah angka yang mengartikan banyaknya orang yang telah melihat post / konten padafanpage kita. Ini akan berpengaruh kepada parameter lain yang bisa kita telusuri dan analisis seperti post engagement berupa likes, sharescomment pada post tersebut.

fb-reach
fb-reach

Facebook reach sendiri memiliki beberapa jenis yaitu : Organic, Viral dan Paid Reach.

Organic Reach merupakan reach / jangkauan yang kita dapatkan free dan secara organik oleh facebook. Ini terjadi ketika fans melihat post / konten fanpage kita pada news feed mereka. Atau bisa juga ketika fans mengunjungi langsung fanpage kita.

Viral Reach merupakan reach / jangkauan yang didapat ketika mereka melihat post / konten kita karena melihat teman melakukan sebuah engagement terhadap post tersebut, misalnya memberikan likes, comment atau share. Dalam hal ini facebook menyebutnya dengan istilah StoryUntuk versi Facebook Ads dinamakan Sponsored Story.

Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage
Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage

Untuk viral reach sendiri, facebook sudah memasukkannya menjadi bagian dari organic reach. Sehingga saat ini kita tidak akan melihat perbandingan antara organic reach dan viral reach pada Facebook Insight kita.

Paid Reach merupakan reach / jangkauan yang didapatkan ketika kita menggunakan Facebook Ads. Jika kita ingin mendapatkan jangkauan yang lebih luas lagi, maka kita bisa memanfaatkannya. Paid Reach akan menjangkau pengguna facebook yang bahkan belum menjadi fans kita.

Mengukur Facebook Reach

Hingga saat ini, banyak sekali yang membandingkan reach yang didapat dengan total jumlah fans yang dimiliki.

Banyak yang melakukan perhitungan dengan membagi reach yang didapat dengan jumlah fans yang dimiliki. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun ternyata ada cara yang lebih baik untuk melakukan sebuat pengukuran tersebutLalu bagaimana caranya?

Lewat Facebook Insight yang terdapat pada fanpage, kita dapat melihat jumlah fans kita yang online disaat kita mem-posting konten pada fanpage. Sebenarnya, jumlah fans yang berpotensi melihat konten kita adalah sejumlah fans yang online di jam tersebut, bukan dari keseluruhan fans ternyata. Dari situ, kita bisa menghitung ulang sebenarnya seberapa besar reach kita sebenarnya.

Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage
Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage

Kita lihat pada gambar diatas, ternyata waktu paling diminati oleh fans kita untuk online adalah pukul 8 pm atau jam 8 malam . Jika postingan kita ada pada jam tersebut dan mencapai reach sebanyak 800 orang, maka total reach kita yaitu sebanyak 25% dari jumlah fans yang online dikala itu (3.201). Bukan 8% jika dihitung dari jumlah fans keseluruhan (Total Fans : 10.000).

Bagaimana meningkatkan reach organik?

Pada dasarnya setiap orang yang menggunakan facebook TIDAK SAMA SEKALI ingin berhubungan dengan yang namanya iklan ataupun brand-brand terkenal sekalipun, mereka hanya ingin berkomunikasi ataupun berhubungan dengan keluarga atau teman mereka.

Sehingga ketika kita menginginkan sebuah post yang menjangkau banyak orang, tentu kita seharusnya membuat sebuah konten yang memang menarik bagi mereka terlebih lagi bermanfaat. Dengan begitu, tanpa kita sadari, mereka sudah akan ter-engage dengan sendirinya. Sebisa mungkin untuk menghindari kata-kata call to action seperti : “Klik LIKE ya jika kamu ingin …”, “SHARE ya jika ingin …” jika memang ingin mendapatkan reach yang natural.

Sekian artikel Multivisionplus tentang Tips Optimasi Facebook Reach pada Fanpage Semoga bermanfaat.